Menag: Dahulu Saya Tidak Senang FPI Sebab Utak-Atik Pancasila, Saat ini Ia Setia

Menag: Dahulu Saya Tidak Senang FPI Sebab Utak-Atik Pancasila, Saat ini Ia Setia

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi memberi dukungan perpanjangan surat info tercatat (SKT) Front Pembela Islam (FPI). Tetapi, Fachrul akui sempat tidak suka pada FPI sebab mengutak-atik Pancasila. “Jika dahulu, saya tidak senang sebab masih mengutak-atik Pancasila, saat ini ia (FPI) setia. Dahulu, saya tidak senang sebab ia banyak melanggar hukum, saat ini ia mengatakan mematuhi hukum ,” kata Menag Fachrul Razi di kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

Diakuinya masih memahami surat pengakuan berkaitan SKT FPI. Fachrul mengemukakan ketetapan perpanjangan SKT ini butuh disaksikan dari beberapa segi. Karenanya baru input dari satu bagian. Dari faksi (kementerian) agama, dari saya. Tetapi kan jika ngambil ketetapan itu kan disaksikan dari beberapa macam bagian. Beberapa macam bagian itu kelak masing-masing yang memiliki kepentingan. Kita diskusi saling,” katanya.

Baca juga : Dirjen Dukcapil Luruskan Rumor Di 2020 Ubah e-KTP Diambil Bayaran

Fachrul akui akan membahas ini dengan beberapa faksi. Walau tidak menguraikan faksi yang disebut, ia menjelaskan proses perpanjangan SKT FPI telah alami perkembangan. “Ya saya anggap itu. Jika dari segi agama cuma saya sebutkan jika ada langkah maju,” sambung Fachrul. Diberi pertanyaan masalah akan ada tidaknya komunikasi dengan Habib Rizieq Shihab tentang perpanjangan SKT FPI ini, Fachrul menjelaskan tidak ada permasalahan dengan Habib Rizieq. “Jika Habib Rizieq kan telah dikatakan jika kami tidak pernah cekal kok, tidak pernah apa. Jadi tidak ada permasalahan itu ya,” katanya.

Awalnya, Menag Fachrul bersama dengan Mendagri Tito Karnavian mendatangi kantor Menko Polhukam Mahfud Md. Dalam rapat yang berjalan sepanjang seputar sejam itu, salah satunya yang diulas adalah surat info tercatat (SKT) FPI. Hasil rapat mengaitkan FPI punyai hak bergabung serta berserikat dan mengatakan opini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close